Senin, 28 Januari 2013

Sekolah Guru Indonesia


SGI
Bangga Jadi Guru
Guru Berkarakter
Menggenggam Indonesia
Terdengar yel – yel mahasiswa Sekolah Guru Indonesia membahana dikumandangkan di lapangan depan masjid zona Bumi Pengembangan Insani Dompet Dhuafa. Terlihat mahasiswa SGI 4  berbaris rapi menjalankan rutinitas harian mereka, apel pagi. Aura semangat memancar melengkapi keceriaan pagi dan keasrian Bumi Pengembangan Insani, Dompet Dhuafa. Begitulah suasana Sekolah Guru Indonesia Indonesia yang terletak di  jalan Raya Parung Bogor KM 42 Desa Jampang Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor Jawa Barat setiap harinya. Sekolah Guru Indonesia. Gedung berlantai tiga bertuliskan Sekolah Guru Ekselensia Indonesia berdiri kokoh menyimpan makna yang mendalam, di sinilah semuanya bermula, lahirnya guru model berkarakter yang diharapkan akan mencetak generasi – generasi penerus bangsa yang akan melanjutkan perjuangan para pahlawan. Mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut memajukan kesejahteraan dunia seperti yang tertuang dalam Pembukaan Undang – Undang Republik Indonesia tahun 1945.
            Sekolah Guru Indonesia (SGI), pada awalnya bernama Sekolah Guru Ekselensia Indonesia (SGEI) dan diresmikan pada tanggal 24 Oktober 2009 oleh bupati Bogor  sebagai salah satu program pemberdayaan dan peningkatan pendidikan yang dilakukan Dompet Dhuafa di dalam Program Divisi Pendidikan. Pada awal terbentuknya, Sekolah Guru Ekselensia Indonesia masuk dalam jejaring Makmal Pendidikan, seiring dengan perjalanan waktu, Sekolah Guru Ekselensia Indonesia berekspansi menjadi Jejaring divisi pendidikan sendiri yang dinamai Sekolah Guru Indonesia pada tanggal 8 Februari 2012.
Sekolah Guru Indonesia pastinya identik dengan pendidikan. Begitu miris memang ketika melihat kenyataannya dewasa ini mengenai pendidikan di Indonesia yang dikatakan masih kurang sukses. Kurikulum yang selalu berganti, fasilitas yang kurang memadai serta tenaga pengajar yang masih asal – asalan. Guru pahlawan tanpa jasa, benar memang halnya ketika ternyata kalimat tersebut sudah lepas dari lirik lagu Hymne Guru. Di zaman sekarang ini, sangatlah langka mencari guru yang benar – benar murni berjiwa guru.   Berangkat dari keinginan untuk melahirkan guru model berkarakter pemimpin yang memiliki kompetensi mendidik dan mengajar, maka berdirilah Sekolah Guru Indonesia ( SGI ).
            Sekolah Guru Indonesia diperuntukkan bagi anak – anak muda Indonesia yang siap mengabdi dan menjadi guru model berkarakter serta berkontribusi bagi kemajuan pendidikan di seluruh penjuru nusantara. Guru model berkarakter yaitu guru yang tidak hanya memiliki kemampuan mengajar tetapi juga memiliki kemampuan mendidik serta berjiwa kepemimpian social yang tinggi. Adapun beberapa tujuan didirikannya Sekolah Guru Indonesia yaitu tersedianya guru professional dan berkarakter untuk mengabdi di sekolah dhuafa di daerah tertinggal, terdepan dan terluar Indonesia, terwujudnya program sekolah produktif dan terbentuknya jaringan komunitas pemberdayaan berbasis pendidikan.
            Peserta SGI berasal dari beberapa universitas yang sudah lulus serangkaian seleksi yang terdiri dari seleksi berkas (IPK > 2,75), wawancara, psikotes, aktif di organisasi kampus dan siap mengabdi menjadi guru.
Sekolah Guru Indonesia memberikan program pelatihan intensif selama 6 bulan bagi sarjana baru (fresh graduate). Kurikulum Berbasis Kompetensi yang dipakai di Sekolah Guru Indonesia memadukan program workshop dan pembinaan asrama dengan mengacu pada empat kompetensi guru, yaitu pedagogi, sosal, kepribadian dan profesionalisme.
Jejaring ini memiliki visi “Awaken the teacher within”. Sedangkan misi SGI adalah  “Mengimplementasikan Prinsip Learning Organization dalam produktivitas kinerja organisasi, Membangun Model Sistem Pengembangan guru Sekolah Dasar, mengembangkan SDM untuk menjadi guru yang professional, mampu mendidik dan mengajar serta memiliki jiwa kepemimpinan sosial, mengembangkan kemampuan menulis, menjalin dan memperluas jaringan program.

BACA JUGA :

1 komentar: