Senin, 06 Mei 2013

Seminar Motivasi Pra-UN " Semangat Berprestasi "



Syukur Alhamdulillah akhirnya pada hari kamis tangal 3 Mei 2013 lalu saya telah menjalankan rencana saya untuk mengadakan  Seminar Motivasi Pra-Ujian Nasional dengan tema “ Semangat Berprestasi” untuk anak kelas 6 SD Muhamadiyah Tanjung Pandan. Seminar ini bertujuan untuk memacu semangat anak – anak yang akan menjalani ujian nasional untuk terus semangat belajar, menggapai  prestasi mereka sebaik – baiknya dan tetap optimis meraih impian mereka. Diharapkan juga untuk anak – anak kelas 6 supaya  tidak terlalu takut atau cemas menghadapi ujian negara ini. Apalagi, angkatan ini adalah angkatan pertama yang akan diluluskan SD Muhamadiyah Tanjung Pandan , yang tentunya menjadikan beban tersendiri bagi mereka dan sekolah.
 Seminar berlagsung kurang lebih 2 jam dan disambut antusias oleh para siswa. Sebagai pembuka, saya memberikan apersepsi menari pakarena bersama untuk penyegaran dan refresh otak , setelah  setiap harinya dijejali  soal – soal latihan sebagai bekal persiapan. Selanjutnya masuk pada materi, diawali dengan pengembalian rasa percaya diri mereka dengan kesadaran bahwa setiap orang adalah unik dan punya kecerdasannya masing – masing. Mengenai berbagai macam tipe kecerdasan juga saya terangkan kemudian.  Dalam materi ini saya meminta mereka menilai diri sendiri, menentukan kecerdasan yang mereka miliki masing – masing. Setelah itu saya mecoba menggugah kesadaran mereka dengan memberikan pencerahan  tentang arti hidup sebenarnya, bahwa kita di dunia hanyalah menumpang dan sementara yang sudah seharusnya mengukir prestasi sebaik – baiknya untuk dunia dan akhirat kelak. Kemudian  mengenai bagaimana meraih prestasi itu sendiri, semuanya diawali dari sebuah mimpi. Seperti kata Nidji, mimpi adalah kunci untuk kita menaklukan dunia … Di sesi ini dimeriahkan dengan acara menyanyika lagu “ Laskar Pelangi “ bersama – sama dengan penuh semangat dan sukacita. Selanjutnya, untuk lebih memotivasi mereka, saya mencoba memutarkan video  tentang seorang mahasiswa IPB dengan kesuksesannya meraih mimpi – mimpi yang telah dituliskannya. Inti dari pemutaran video ini yaitu, jangan takut bermimpi besar dan jangan lupa selalu menuliskan impian  tersebut karena kita tidak akan selalu bisa mengandalkan ingatan kita.
Di sesi berikutnya,   saya menyuruh mereka menuliskan harapan mereka terhadap hasil UN nanti, harapan nilai – nilai yang ingin dicapai, prestasi yang ingin diraih ( terinspirasi dengan pegalaman pribadi menjelang UN saat masih duduk di bangku SD ).   Selanjutnya, saya mencoba memberi motivasi kepada mereka untuk selalu berpikir dan berperasaan positif, berdoa dan berusaha. Tetap tenang dan yakin Insya Allah pasti bisa melakukannya.  Sesi terakhir saya isi dengan doa bersama dengan visualisasi impian dan berserah diri kepada Allah SWT, sedikit pengaplikasian sewaktu mengikuti seminar Quantum Ikhlas “ Mind Focus “ dulu .   Sebagai penutupan acara maaf – maafan bersama, saling bersalam – salaman dengan kawan, saling menguatkan dan mendoakan.  Semoga  acara yang saya adakan bisa banyak membantu anak kelas 6 utuk lebih optimis, semangat dan tetap tenang menghadapi Ujian Nasional. Semangat !!!

BACA JUGA :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar