Senin, 20 Mei 2013

Resensi Buku Pumping Teacher “ Memompa Teknik Pengajaran Menjadi Guru Kaya “


Judul                : Memompa Teknik Pengajaran Menjadi Guru Kaya
Halaman          : 128 halaman
Cetakan           : I, 2006
Penulis             : Amir Tengku Ramly dan Erlin Trisyulianti
Penerbit            : Kawan Pustaka

“ Menjadi Guru Kaya “ mungkin menjadi topik menarik bagi masyarakat, khususnya  bagi kalangan pendidik. Kebanyakan mereka  haus dengan kosa kata ‘ kaya ’. Betulkah mereka bisa menjadi kaya? Diawali dengan harapan adanya pergeseran paradigma yang hendak diwujudkan penulis kepada pembaca bahwa makna ‘kaya’ dalam hal ini bukanlah sekedar keberlimpahan materi, tetapi lebih dari itu, guru kaya yang dimaksud disini ialah  guru yang memiliki tabungan kebaikan yang melimpah, menjadikan profesinya sebagai investasi jangka panjang, yang penilaiannya bukannya dari banyaknya harta yang dikumpulkan melainkan dari banyaknya ilmu yang diberikan dan dimanfaatkan bagi kebaikan – kebaikan generasi mendatang. 
Kemudian, penulis menjelaskan pula tentang  tiga faktor penting yang harus diperhatikan untuk menjadi  guru kaya, yaitu mentalias, moralitas dan spiritualitas. Ketiganya akan memebentuk titik keseimbangan dalam diri seseorang. Ketiganya merupakan cara terbaik bagi perbaikan diri dan untuk menemukan keseimbangan jiwa. Ada tiga hal lain yang menjadi penyempurna dari pengembangan talenta guru, yaitu visi, leadership dan manajemen diri. Semuanya dijelaskan secara terperinci dalam buku ini. Selanjutnya, penulis  menjelaskan pula mengenai cara mengajar berdasarkan perilaku dan gaya belajar siswa, dengan harapan menjadi guru yang akan diidolakan setiap siswa.
Buku setebal 128 halaman ini begitu luar biasa menurut saya. Dengan memberikan nilai – nilai yang mengutamakan keseimbangan antara kecerdasan intelektualitas, emosional dan spiritualitas, membuat buku ini terasa lebih bermakna dan inspiratif. Buku ini mampu mengubah pola pikir kita menjadi seorang pendidik yang mampu mengajar dari hati, bukan hanya sekedar  profesi biasa yang  bertujuan mencari materi semata. Begitu inspiratifnya buku ini, membuat saya merekomendasikan buku ini untuk dibaca oleh semua orang, khususnya para pendidik yang peduli akan kemajuan pendidikan.


BACA JUGA :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar