Selasa, 10 November 2015

Assalamu'alaikum

          Assalamu'alaikum. Sebuah kalimat yang tak asing dalam pendengaran kita, setiap hari kita menggunakannya untuk membuka pembicaraan, menyapa orang lain ataupun untuk bertamu. Assalamu'alaikum bukanlah sekedar kalimat basa - basi pembuka, namun maknanya bisa lebih dari itu "Semoga diberikan keselamatan atasmu". Kalimat itu adalah sebaris doa indah yang ditujukan pada diri sendiri, orang lain ataupun sesama ciptaan Allah yang lain.

          Untuk yang saya sebutkan terakhir adalah kasus yang jarang sekali ditemui, menyapa (baca: mendoakan) sesama ciptaan Allah yang lain tidak hanya manusia, misalnya saja hewan dan tumbuhan. Saya kemudian teringat beberapa tahun silam ketika masih berada di asrama SGI, para sahabat seperjuangan seringkali memberi salam untuk "semua",  tumbuhan yang dilewati bahkan terkadang hewan - hewan yang ditemui.

          "Assalamu'alaikum pohon jambu"

          "Assalamu'alaikun pohon mangga"

          " Assalamu'alaikum bunga dan rumput - rumput"

          Dan yang tak kalah ketinggalan "Assalamu'alaikum kucing"

          Kedengarannya aneh ya, nampak seperti orang yang tidak waras. Tetapi menurut saya itu adalah kebiasaan yang Subhanallah sekali, begitu inspiratif. Menyapa sesama ciptaan Allah dengan doa kebaikan, walaupun mereka tak bisa menjawab menggunakan bahasa manusia, saya yakini pasti mereka mampu memahami. Mereka akan menjawab dengan bahasa mereka sendiri. Bukankah setiap makhluk ciptaan Allah selalu bertasbih memuji Allah, baik itu hewan, tumbuhan ataupun yang lain. Hanya karena keterbatasan kita saja sehingga kita tak mampu mengerti. Siapa tahu kan ketika kita memberi salam kepada bunga mawar, pohon rambutan atau kucing - kucing di jalanan mereka berbalik mendoakan kita dan membuat amal kita bertambah karenanya ( dengan bahasanya sendiri tentunya ). Who knows? Yuk..sama - sama belajar menyapa alam sekeliling kita #LearningFromLife

BACA JUGA :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar