Sabtu, 13 Oktober 2012

Indahnya Kota Apel



 Kotaku … mengigatkanku pada kawasan Puncak, Bogor. Di sanalah aku tinggal mulai dari aku bayi hingga aku beranjak dewasa. Sebuah kota kecil nan asri di wilayah provinsi Jawa Timur yang diapit oleh tiga buah gunung, yaitu Gunung Panderman, Gunung Arjuna dan Gunung Welirang. Sebagian orang  masih belum banyak tahu mengenai Kota Batu. Pada umumnya, orang  - orang selalu mengaitkan kota ini dengan kota Malang. Pernyataan tersebut benar halnya sebelum tahun 2001, karena dulunya memang Batu merupakan  kotamadya yang masuk wilayah Kabupaten Malang. Tetapi sejak tahun 2001, status sebagai kotamadya berubah menjadi kota sendiri, terlepas dari wilayah Malang. Walaupun kenyataannya, memang susah melepaskan  bayang – bayang kota Batu sebagai bagian wilayah Malang.
Kota ini begitu berkesan bagiku. Ketika  kumulai masuk pada gerbang wilayahnya “ Selamat datang Kota Wisata Batu ”, aku selalu merasakan perbedaan, bukan hanya karena ikatan batinku dengan kota tempat tinggalku, tetapi yang paling menonjol adalah mengenai suhu udaranya yang begitu menggoda. Hawa sejuk yang menerpa kulit membuat pikiranku menjadi lebih segar, rileks serta hilang rasa penat dalam jiwa.  Tempat yang begitu cocok untuk  refreshing, menghilangkan stress oleh padatnya rutinitas sehari – hari. Ketika malam mulai tiba, udara menjadi teramat dingin membuat tubuh terkadang sampai menggigil. Tidaklah heran, wilayah kawasan pegunungan ini,  rata – rata suhu udaranya sekitar 15 sampai dengan 19 derajat celcius. Bukan main dinginnya. Karena itu, bukanlah tanpa sebab jika selimut, jaket dan kaos kaki kemudian menjadi barang favoritku. Seperti wilayah pegunungan pada umumnya, jalanan yang dilalui cukuplah menantang,  berkelok – kelok dan naik turun.  Nuansa hijau  pepohonan dan tumbuhan selalu setia menemani mulai di kota yang asri ini. Gunung – gunung menjulang tinggi mengisyaratkan keindahan alami Kota Batu.
Memasuki daerah pusat perkotaannya, kita bisa melihat sesuatu yang menarik di sana.  Sebuah tugu dengan buah apel besar berwarna hijau  di atasnya menghiasi tengah kota. Kota ini memang dijuluki Kota Apel, karena kota ini terkenal sebagai kota penghasil buah apel. Sebagian penduduknya mempunya perkebunan sendiri yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber mata pencaharian. Sebenarnya selain buah apel,  banyak juga mayur dan buah – buahan lain yang biasa ditanam, seperti jeruk, strawberry, kentang dan lain – lain. Tetapi memang yang paling terkenal di antara semuanya yaitu buah apel.  
Di dekat tugu apel tersebut, terdapat Alun – Alun Kota Batu. Alun – alun yang terindah di antara semua alun – alun yang pernah kukunjungi. Begitu bersih, rapi dan juga modern. Alun – alun ini  sempat masuk dalam Museum Rekor Indonesia dengan dua penghargaan sekaligus, yaitu sebagai pelopor alun – alun  bebas asap rokok dan pedagang asongan, serta sebagai alun – alun dengan fasilitas permainan terbanyak. Di alun – alun itu selalu tampak ramai dengan orang – orang yang  berkumpul dengan riang gembira bersama keluarga,  teman – teman ataupun bersama orang tercinta. Banyak tempat duduk yang bisa dipilih untuk menikmati indahnya panorama Kota Batu dengan kesejukan alami dan pemandangan gunung menjulang tinggi di sekelilingnya. Apalagi ketikai malam hari tiba, kita dapat melihat lampu – lampu indah bersinar bagaikan pesta lampion di tengah kota. Begitu mempesona. Tak ketinggalan, air mancur dengan patung apel besar di tengahnya turut melengkapi keunikan dan ciri khas kota ini. Bagi yang ingin menikmati pemandangan kota Batu dari ketinggian, disediakan juga wahana bianglala yang dapat dinikmati dengan biaya yang cukup terjangkau. Selain itu, untuk adik – adik kita yang masih kecil, terdapat tempat bermain khusus semacam  playground sebagai tempat mereka mengekspresikan diri dengan fasilitas bermain yang cukup banyak. Di waktu – waktu tertentu, mulai senja hingga malam hari,  personel – personel musik setia menemani dan memanjakan pengunjung dengan pertunjukan musik tradisional maupun modern di tempat ini. Sungguh tempat yang begitu menarik perhatian. Satu lagi hal yang sangat unik di Alun – Alun Kota Batu, yaitu terdapat toilet didalam sebuah bangunan yang berbentuk buah apel raksasa. Sepertinya memang bagian – bagian tertentu sengaja dikonsep sedemikian hingga tetap menunjukkan identitas Kota Batu sebagai Kota Apel. Sungguh aku amat mencintai kotaku yang mempesona.

Anda butuh villa untuk menginap ?? Lihat Infonya di Disewakan Villa di Kota Batu



BACA JUGA :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar