Minggu, 10 September 2017

Metode Menghafal Al Qur'an ala Gaza ( 3 )

Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Sebagaimana artikel - artikel sebelumnya, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menuliskan bagian terakhir dari seri "Metode Menghafal Al Qur'an ala Gaza." Ilmu ini saya dapatkan pada saat menghadiri kajian beberapa bulan lalu di Masjid Nurul Ashri Deresan Yogyakarta dan materinya disampaikan langsung oleh seorang Syekh dari Palestina. Sebelumnya, sudah dibahas mengenai apa saja yang harus dipersiapkan dan bagaimana metode menghafal Al Qur'an dengan pengulangan. Bagi yang belum membaca artikelnya, silakan dilihat artikel sebelum ini yaa..

Selanjutnya, saya akan menuliskan mengenai apa yang harus dilakukan setelah selesai menghafal, baik setelah kita menghafal satu halaman, satu surah, satu juz atau mungkin sudah khatam 30 juz Al Qur'an. Aamiin...Ternyata tidak cukup hanya sekedar hafal saja, bisa jadi menjaga Al Qur'an akan jauh lebih susah daripada menghafalnya. Mungkin hari ini sudah hafal, besok sudah lupa lagi, sekarang sudah hafal,  minggu depan sudah tak tersisa. Lalu apa yang harus dilakukan untuk terus menjaga Al Qur'an?

Setelah Selesai Menghafal

1. Mengulang ayat - ayat yang dihafal terus menerus.
      Yaa..keistiqomahan dalam pengulangan merupakan hal yang wajib dalam menjaga hafalan kita. Dalam berbagai kesempatan, apa yang kita telah hafalkan ada baiknya diulang terus - menerus. Misalkan sedang ada waktu luang, sedang di jalan, sedang bersih - bersih, sedang beraktivitas yang kira - kira memungkinkan kita untuk bisa muraja'ah tentunya kita bisa gunakan sebaik - baiknya. Insya Allah segala kegiatan kita pun akhirnya akan bernilai ibadah.

2. Mendengar bacaan Qori' ayat - ayat yang telah dihafal.
     Pada era teknologi yang cukup maju seperti sekarang ini, kita dibekali oleh berbagai kemudahan dalam fasilitas. Tentunya saat ini kita dengan mudah mengakses  bacaan - bacaan Qori' - Qori' terkenal dari Timur Tengah tanpa harus susah payah pergi ke sana dulu atau bertemu dengan orang - orangnya langsung. Di internet sudah banyak disediakan mp3 maupun video bacaan Al Qur'an dari Qori' yang ternama mulai dari A - Z. Teman - teman bisa pilih salah satu yang disuka, untuk kemudian diputar dan didengarkan berulang - ulang ( daripada mendengarkan lagu - lagu galau nggak jelas, iya kan ). Kita akan mendapatkan berbagai keuntungan dengan melakukan bagian yang ini. Karena selain hafalan kita bisa lebih kuat, kita pun bisa  mengoreksi kesalahan diri sendiri. Selain itu kita bisa belajar mengenai langgam atau irama yang lebih enak didengar dengan mengikuti bacaan Qori' yang kita sukai.

3. Muraja'ah hafalan dalam shalat.
     Ini adalah cara paling baik dalam menguatkan hafalan, yairu mengulang - ulang dalam shalat yang setiap hari kita lakukan. Selalu gunakan  ayat - ayat yang sudah dihafal baik dalam shalat wajib maupun shalat sunah kita. Masa iya dari SD sampai sekarang bacaan yang dibaca masih Al Ikhlash, Al Falaq dan An Naas saja. Bukannya tidak baik, namun harusnya kita bisa semakin maju setiap harinya, semakin meluaskan pengetahuan kita dengan kalam - kalam Allah yang lainnya. Isi Al Quran itu 30 juz lho, bukan cuma juz 30.

4. Mengkhususkan satu hari untuk muraja'ah.
     Bagi yang sudah bertekad untuk menjadi penghafal Al Qur'an, mau tidak mau harus rela mengorbankan waktunya untuk diisi oleh Al Qur'an. Sediakan hari khusus dalam sepekan dimana teman - teman akan mengulang semua ayat - ayat yang sudah dihafalkan. Terserah hari apa saja sesuai aktivitas teman - teman. Namun hari terbaik menurut Islam yaitu hari Jum'at yang mana banyak sekali keberkahan di dalamnya. Insya Allah amalan kita akan semakin bertambah selaras dengan perjuangan kita untuk bisa dekat dengan Al Qur'an.

Tips tambahan untuk memudahkan menghafal Al Qur'an:
- Menghubungkan ayat  yang  dihafal dengan kejadian sehari - hari.
- Menghubungkan ayat yang dihafal dengan banyak perkara.
- Menghafal untuk mengingat Allah SWT.

Demikian bagian terakhir mengenai menghafal Al Qur'an ala Gaza. Hal utama yang harus kita ingat ialah, menghafal Al Qur'an bukan masalah pintar tidak pintar, cerdas tidak cerdas, muda tidak muda, namun semua kemampuan menghafal kita sangat ditentukan oleh NIAT dan KESABARAN kita dalam beristiqomah di jalan- Nya. Ketika kita sudah bertekad keras untuk meraih ridho- Nya, Allah pasti akan membukakan jalan bagi kita menuju kemudahan - kemudahan yang tak disangka - sangka. Insya Allah.

Mari sama - sama kita berjuang ^_^

( menghafal Al Qur'an, tips menghafal Al Qur'an, cara menghafal Al Qur'an, metode menghafal Al Qur'an, cara mudah menghafal Al Qur'an )
    
    

BACA JUGA :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar