Sabtu, 09 September 2017

Metode Menghafal Al Qur'an ala Gaza ( 1 )

Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Insya Allah pada kesempatan kali ini saya akan mencoba sedikit berbagi mengenai materi metode menghafal Al Qur'an ala Gaza. Saya mendapatkan materi ini pada kajian beberapa bulan lalu yang saya hadiri di Masjid Nurul Ashri Deresan Yogyakarta yang mana materinya disampaikan langsung oleh seorang Syekh dari Palestina. Bagi para pecinta Al Qur'an tentunya materi ini sangat menarik dan memotivasi untuk lebih bersemangat menjadi Ahlul Qur'an, yaitu salah satu bagian dari keluarga Allah di dunia.

Ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam menghafal Al Qur'an yaitu sebelum, ketika dan setelah menghafal. Pada bagian yang pertama ini akan dijelaskan mengenai persiapan - persiapan sebelum menghafal. Apa saja ya yang perlu disiapkan? Yukk kita kaji sama - sama..

Sebelum Menghafal

Persiapan untuk para penghafal Al Qur'an :

1. Meluruskan niat.
     Ini hal yang paling utama dan bagian yang paling penting. Segala sesuatu bergantung pada niatnya. Terkadang niat kita suka berbelok - belok tanpa arah ataupun terpengaruh keinginan duniawi yang membuat kita salah tujuan. Niatkan hanya mencari ridho Allah, bukan supaya ingin sekedar dianggap sebagai hafidz/hafidzah. Bukan hanya sekedar puas karena telah menghafal. Bukan sebagai pembangga diri karena merasa hebat telah bisa menghafal Al Qur'an. Ridho Allah lah yang seharusnya menjadi niat kita, bukan yang lainnya.

2. Meninggalkan segala bentuk kemaksiatan.
     Kenapa kok sulit ya menghafal Al Qur'an? Udah diulang - ulang terus bahkan satu ayat pun susah masuknya, keluh kita. Mari intropeksi, adakah dosa-dosa dan kemaksiatan yang masih kerap kita lakukan?Mungkin kita perlu untuk banyak - banyak bertobat karena sejatinya ilmu Allah adalah cahaya dan cahaya tidak akan masuk ke dalam orang yang bermaksiat. Yuk..mari sama- sama  terus memperbaiki diri. Allah sudah menjanjikan, berulang - ulang bahkan, dalam surat Al Qamar bahwa sungguh Allah mudahkan Al Qur'an bagi siapapun yang mau mempelajarinya. Janji Allah selalu benar, jadi kalau diri kita susah menghafal ya bukan masalah pada Al Qur'an nya, kitanya yang bermasalah. Cek diri!!

3. Memilih guru.
     Manusia tak luput dari kesalahan, karena itu kita perlu guru yang mampu mengoreksi kesalahan - kesalahan kita. Buat komitmen untuk menyetorkan secara rutin kepada guru yang bersangkutan. Harus komitmen lho, ya.

4. Doa
     Ini dia bagian yang tak kalah penting. Kadang kita hanya mengandalkan logika dan kemampuan kita sendiri dalam mencapai apa yang kita inginkan, lupa kalau Allah yang memampukan kita dalam apa pun urusan kita. Berdoa itu yang utama, minta dimudahkan oleh Allah karena apa pun yang Allah kehendaki pasti mampu dibuat mudah oleh-Nya.

5. Sabar dan Jangan Tergesa-gesa.
     Nah..bagian yang ini rupanya masih menjadi bagian yang menjadi PR kita. Sabar..sabar..sabar...kadang kita suka maunya cepat-cepat dalan menghafal, biar cepat selesai saja, yang ada malah belepotan hafalannya. Kalau bertemu ayat yang susah menghafalnya sudah putus asa duluan. Itulah ujian kita, yang kita butuhkan adalah kesabaran. Bukan masalah banyak sedikitnya hafalan, yang terpenting ialah ketangguhan kita dalan menikmati segala prosesnya, bukannya setiap detik yang kita luangkan untuk menghafal berbuah pahala. Proses yang panjang dan berat bisa jadi membuahkan keridhoan Allah yang semakin dashyat. Jadi kenapa maunya cepat - cepat saja? Perlu dicek lagi itu niatnya (Makjlebb..)

6. Kondisikan hati
     Yups...dengan berbagai macam aktivitas dalam hidup kita perlu mengkondisikan hati supaya hati ini benar - benar siap dalam mengisi kalam - kalam Allah. Pilih waktu - waktu khusus dimana pikiran kita masih fresh dan belum tercampuri urusan dunia, bisa di pagi hari setelah bangun tidur, setelah shalat Maghrib atau malam hari sebelum tidur, terantung aktivitas kita.

Demikian mengenai persiapan - persiapan yang harus dilakukan sebelum menghafal. Jangan sepelekan persiapan lho ya, karena itu yang menentukan langkah - langkah berikutnya dan hasil yang akan didapatkan.

Selanjutnya....

Ada di bagian kedua yaa...

( menghafal Al Qur'an ,  cara mudah menghafal Al Qur'an ,   tips menghafal Al Qur'an )

BACA JUGA :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar