Sabtu, 09 September 2017

Metode Menghafal Al Qur'an ala Gaza ( 2 )

Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Pada artikel sebelumnya sudah saya tuliskan mengenai persiapan - persiapan menghafal Al Qur'an. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba melanjutkan materi mengenai menghafal Al Qur'an, lebih khususnya pada saat proses menghafal. Bagi yang belum tau, materi ini saya dapatkan pada kajian beberapa bulan lalu di Masjid Nurul Ashri Deresan Yogyakarta yang disampaikan langsung oleh seorang Syekh dari Palestina.

Langsung saja yaa...

Proses Menghafal Al Qur'an

Ada banyak metode dalam menghafal Al Qur'an dan tentunya kita semua memiliki teknik yang berbeda - beda dalam memudahkan hafalan. Di antara metode - metode tersebut di antaranya, yaitu :

- Membaca Al Qur'an sediri dan mengulang - ulang ayat    yang dihafalkan.
- Guru membacakan ayat yang hendak dihafal, kita menyimak dan menirukan ( talaqqi ) kemudian diulang - ulang sampai lancar.
- Mendengar berulang - ulang ayat yang dibacakan oleh Qori', misalnya dengan audio murotal ( pilih yang disenangi dan karakter suaranya sama dengan kita ).
- Menghafal dengan visualisasi.
- dll.

Kita bisa pilih apapun metode yang kira - kira bisa memudahkan kita dalam menghafal, tergantung dari diri kita masing - masing. Pengulangan merupakan salah satu hal yang wajib, karena sebanyak apapun hafalan kita kalau tidak diulang ya pastinya akan lupa juga nantinya.

Di sini akan diberikan langkah - langkah terbaik dalam mengafal Al Qur'an satu halaman penuh dengan pengulangan :

1. Baca satu ayat disertai tadabbur.
     Baiknya memang tidak sekedar tau atau faham artinya saja namun bisa merefleksikan ayat - ayat pada kehidupan kita.
2. Ulangi satu ayat terus menerus dengan baik dan benar, sebanyak 20 kali atau lebih, sambil dicermati makhrijul huruf - hurufnya dan panjang pendeknya.
3. Baca berulang - ulang ayat yang tadi kita baca dengan cepat untuk melatih refleksi lidah kita.
4. Hubungkan ayat yang sudah dihafal dengan kata pertama pada ayat berikutnya sebagai kata kunci. Hal ini meminimalisir lupa ayat yang akan dibaca berikutnya.
5. Tutup Mushaf, baca ayat yang sudah dihafal tanpa melihat Mushaf sebanyak 20 kali atau lebih. Selama masih membuka mushaf atau belum benar - benar hafal jangan dulu menambah ayat hafalan.
6. Lakukan langkah 1-5 di setiap ayatnya hingga selesai 1 halaman.
7.  Hafalkan semua 1 halaman. Jika ada minimal 2 kesalahan saja jangan dulu tambah halaman baru.

Tips tambahan:
- Baca ayat sebelumnya satu kali sebelum menambah hafalan ayat baru
- Sebelum beralih ke halaman 2 baca dulu halaman pertama
- Sebelum halaman ke-16 ulang dari halaman pertama
- Lakukan pemetaan  pada ayat - ayat yang mutasyabihat ( hampir sama )
    
Demikian mengenai proses dalam menghafal Al Qur'an dari ilmu yang saya dapatkan. Pada artikel berikutnya akan saya tuliskan mengenai apa yang harus dilakukan setelah menghafal.

Kalau ada yang ingin menambahkan atau ada yang ingin didiskusikan, jangan sungkan - sungkan untuk beri komentar di bawah ini, yaa..Semoga bermanfaat..Tetap semangat menebar kebaikan !! ^_^

( menghafal Al Qur'an , cara mudah menghafal AlQur'an , tips menghafal AlQur'an , metode Menghafal AlQur'an)

BACA JUGA :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar